Skip to main content

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Studio Perancangan 1 dan 2


Berikut merupakan Rencana Pembelajaran Semester untuk mata kuliah Studio Perancangan Lanskap 1 dan 2 (SPL1 dan SPL2) di prodi arsitektur lanskap Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang yang mana dibedakan atas :
a. tingkatannya : secara keseluruhan SPL 1 lebih sederhana
b. metode pengerjaan : SPL 1 dengan handdrawing sedangkan SPL 2 dengan digitalisasi
c. produk : SPL 1 adalah taman rumah tinggal, sedangkan SPL 2 adalah taman dengan skala kawasan


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
STUDIO PERANCANGAN LANSKAP 1


Kode Mata Kuliah       : ALA5423
Jumlah sks                 : 4 SKS
Sifat                          : Wajib
Semester                   : 5
Tim Dosen                  : Irawan Setyabudi, ST.,MT dan Judha Widhita, SP.
                                     

Deskripsi mata kuliah :
Mata kuliah yang melatih mahasiswa sebagai calon arsitek lanskap profesional dengan pengerjaan proyek berskala kecil berupa taman rumah tinggal dengan tahapan dan produk yang komprehensif. Mata kuliah studio merupakan inti kompetensi sebagai seorang arsitek dalam mendesain, mahasiswa sudah harus memahami dasar menggambar teknik, nilai estetika, teori perancangan, ilmu tanaman, filsafat lanskap dan budaya, kelengkapan tapak (utilitas), serta cara mengkomunikasikan ide dan gambarnya. Sebagai penerapan dari mata kuliah teori perancangan arsitektur, mahasiswa akan mempelajari lagi tahapan desain mulai dari inventarisasi, programming, konsep, pradesain, pengembangan desain hingga hasil desain akhir dengan penerapan studi kasus. Dengan adanya studi kasus ini, mahasiswa disiapkan untuk praktek berwirausaha arsitektur dengan hasil produk berupa gambar kerja, gambar display, maket, poster, animasi dan RAB yang dipresentasikan kepada seorang klien.


Kompetensi dan Indikator Capaian Pembelajaran :
1.    Mahasiswa memahami mata kuliah studio perancangan arsitektur lanskap 1
2.    Mampu memahami teori ringkas azas-azas perancangan arsitektur dan mampu menuangkan ide dalam bentuk gambar sketsa
3.    Mampu mendata unsur-unsur pada tapak, mengenali potensi dan kendala saat memilih tapak, dan ketrampilan membuat laporan awal desain
4.    Mampu menentukan analisis kebutuhan, aktivitas dan fungsi, serta mampu membuat laporan tentang analisis dan sintesis tapak
5.    Mampu membuat sintesis berupa konsep desain, selain itu mahasiswa diharuskan membuat laporan landasan program, perencanaan, perancangan Arsitektur Lanskap
6.    Mampu menjelaskan gambar perencanaan dan menjelaskan tugas yang berupa laporan bangkitan gagasan kreatif beserta konsep-konsepnya
7.    Mahasiswa mampu mengembangkan desainnya hingga ke detail-detail dan tetap melanjutkan tugas
8.    Mampu menyusun Rencana Anggaran Biaya, dan mampu membuat maket
9.    Bagaimana agar menjadi seorang arsitek lanskap profesional
10.  Memahami kerangka acuan kerja, proses desain dan mengkomunikasikan hasil kerja
11.  Memahami bagaimana menggali ide sederhana sampai kompleks
12.  Memahami bagaimana menghargai waktu kerja
13.  Memahami menyeluruh tentang taman berskala rumah tinggal
14.  Terampil dalam kompetensi di bidang planning dan designing
Bahan Bacaan
1.    Harris dan Dines. Time Saver Standar for Landscape Architecture
2.    Ernest Neufert. Data Arsitek Jilid I dan II
3.    Francis DK. Ching. Arsitektur, Bentuk dan Susunannya
4.    Rustam Hakim. Komponen Perancangan Arsitektur Lanskap : Prinsip-Unsur dan Aplikasi Desain
5.    Boedhi Laksito. Metode Perencanaan dan Perancangan Arsitektur.

Capaian Pembelajaran, Materi, Metode Pembelajaran dan Evaluasi

MINGGU KE
KEMAMPUAN AKHIR
 YANG DIHARAPKAN
BAHAN KAJIAN
BENTUK
PEMBELA
JARAN
PENGALAMAN BELAJAR MAHASISWA
Tatap muka (menit)
Praktikum (menit)
Latihan (menit)
1
Mahasiswa memahami mata kuliah studio perancangan arsitektur lanskap 1
Pengantar umum
(IRAWAN & JUDHA)

Ceramah dan survey lokasi



a.     Penjelasan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) berupa materi yang akan disampaikan selama 16 minggu perkuliahan
b.    Pengenalan mata kuliah Studio Perancangan Lanskap 1
c.     Penjelasan Proyek Studio dan KAK
d.    Penjelasan laporan Modul 1 yang berisi : studi hasil karya taman sejenis berjumlah 1 buah yang mencantumkan biografi arsitek, deskripsi bangunan, konsep, foto, 3D, organisasi ruang, struktur dan teknologi.
55
165
a.    Mahasiswa membentuk tim kerja (membuat studio pribadi dan membagi tanggung jawab divisi : laporan, gambar manual, 3d & maket)
b.   Mahasiswa menyusun rencana dan waktu kerja (time schedule & progress report)
c.    Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 1 : laporan studi preseden
(2)   Survey lokasi taman sejenis dan rencana lokasi
2
Mampu memahami teori ringkas azas-azas perancangan arsitektur dan mampu menuangkan ide dalam bentuk gambar sketsa
Pengetahuan Azas-azas dalam Perancangan Arsitektur Lanskap
(JUDHA & IRAWAN)
Ceramah dan latihan

a.     Teori ringkas Azas Perancangan Arsitektur Lanskap berupa tahapan rancangan, proses perancangan, prinsip desain, unsur desain, metode desain
b.    Penjelasan pengambilan uraian isu untuk gagasan awal desain
c.     Penjelasan tentang taman bertematik
55
165
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Pengumpulan Modul 1 : laporan studi preseden
(2)   Survey lokasi taman sejenis dan rencana lokasi
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
3
Mampu mendata unsur-unsur pada tapak, mengenali potensi dan kendala saat memilih tapak, dan ketrampilan membuat laporan awal desain
Inventarisasi tapak
(IRAWAN)
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.   Pendataan unsur-unsur tapak berdasarkan survey lokasi
b.   Pengenalan potensi dan kendala tapak baik di dalam maupun di luar lokasi tapak
c.   Pemanfaatan potensi dan kendala tapak
d.   Penjelasan laporan Modul 2 yang berisi : nama proyek, pemilik proyek, latar belakang, permasalahan umum, tujuan, batasan, ruang lingkup, masukan, analisis kondisi tapak, data kondisi lingkungan tapak, tipologi bangunan sekitar, data peraturan setempat, kebutuhan besaran ruang, aspek calon pengguna, hasil yang diharapkan dari desain.
55
165
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 2 : laporan Kerangka Acuan Kerja
(2)   Gambar : Inventarisasi pada siteplan lokasi survey
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
4-5
Mampu menentukan analisis kebutuhan, aktivitas dan fungsi, serta mampu membuat laporan tentang analisis dan sintesis tapak
Programming
(JUDHA & IRAWAN)
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.     Penentuan analisis kebutuhan, analisis aktivitas dan analisis fungsi (aktivitas kegiatan berdasarkan kelompok pengguna)
b.    Penjelasan analisis tapak dalam lokasi (fisik natural berupa tanah, hidrologi, klimatologi, topografi, tata hijau, sensori, potensial, visual), analisis luar tapak (sosial, budaya, ekonomi, lingkungan), tinjauan masterplan (zona, orientasi bangunan, fungsi bangunan, sistem sirkulasi, sistem utilitas)
55
165
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 2 : laporan Kerangka Acuan Kerja
(2)   Gambar : analisis tapak, analisis kebutuhan, analisis aktivitas dan analisis fungsi
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
6, 7, 8
Mampu membuat sintesis berupa konsep desain, selain itu mahasiswa diharuskan membuat laporan landasan program, perencanaan, perancangan Arsitektur Lanskap

Konsep Desain

(IRAWAN)

Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.     Penjelasan tentang sintesis berupa konsep desain setelah analisis. Konsep berupa skematik (lingkungan, zoning, kebutuhan ruang, kebutuhan aktivitas, spasial, sirkulasi, tata hijau, utilitas), konsep pembiayaan dan pemeliharaan, sketsa konsep
b.    Penjelasan tentang laporan Modul 3 yang berisi : Laporan pendahuluan, perancangan taman ditinjau peraturan bangunan kota (pranata pembangunan, peraturan pembangunan), aspek keterkaitan lingkungan (urban planning, urban design, neighborhood), aspek perencanaan (analisis pelaku, analisis fungsi, aktivitas kebutuhan ruang, sintesis kebutuhan ruang, kuantitatif ruang, alur aktivitas, hubungan ruang), aspek perancangan bangunan taman (kontekstual perancangan tapak, tipologi, sistem struktur, sistem konstruksi bangunan, sistem selubung bangunan, bahan bangunan, utilitas, sistem keselamatan, standar teknis, aksesbilitas penyandang cacat
55
165
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 3 : Laporan Landasan Program, Perencanaan dan Perancangan Arsitektur Lanskap (LP3AL)
(2)   Gambar : Konsep dan gagasan awal
(3)   Studi pragmatis Maket studi
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
9, 10, 11

Mampu menjelaskan gambar perencanaan dan menjelaskan Modul 4 yang berupa laporan bangkitan gagasan kreatif beserta konsep-konsepnya

Pradesain
(JUDHA & IRAWAN)

 

Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.     Penjelasan tentang gambar perencanaan :  site plan dan layout plan berdasarkan konsep, planting plan, elevation plan, section plan, lighting plan, topography plan, drainage plan, utility plan, maintenance plan, gambar perspektif kasar
b.    Penjelasan tentang laporan Modul 4 yang berisi : laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan utilitas
55
110
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 4 : Laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan utilitas
(2)   Gambar perencanaan
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
11, 12, 13
Mahasiswa mampu mengembangkan desainnya hingga ke detail-detail dan tetap melanjutkan modul 4

Pengembangan Desain

(JUDHA & IRAWAN)

Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.   Penjelasan tentang gambar perancangan : Details design, landscape design development, planting design, section, elevation, landscape furnitures details, hard material details, soft material details, construction details, perspective (sketsa atau 3D sketchup/realtime)
b.  Melanjutkan laporan modul 4.

55

165

a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 4 : Laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan utilitas
(2)   Gambar Perancangan

b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD

13, 14, 15
Mampu menyusun Rencana Anggaran Biaya, membuat maket dan membuat laporan Modul 5
Pengembangan Akhir dan Kelengkapan tugas
(JUDHA & IRAWAN)
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
a.   Penyusunan Rencana Anggaran Biaya
b.  Penjelasan tentang Maket Presentasi
c.   Penjelasan Modul 5 yang berisi : produk display/poster tentang data dan gagasan desain, analisis desain, display gambar kerja, display gambar perspektif, display utilitas
55
165
a.   Checkpoint mahasiswa tentang kelengkapan tugas sebelumnya
b.   Tugas Praktikum berupa :
(1)  Pengerjaan Maket presentasi (kelompok)
(2)  Latihan membuat jurnal tentang desain individu
16

Mampu menjelaskan secara verbal hasil desain taman

UAS

Praktikum

Presentasi terbuka dan pameran
-
220

Keluaran: laporan desain, jurnal individu, gambar kerja, presentasi dan maket presentasi




Ketentuan Umum :
1      Mahasiswa diharuskan menghadiri 80 persen perkuliahan
2      Mahasiswa diharuskan mengumpulkan tugas tepat waktu, keterlambatan mengumpulkan tugas dianggap tidak mengumpulkan dengan nilai 50.
3      Mahasiswa dapat memperbaiki nilai UTS hingga mencapai standar nilai minimum 70.
4      Mahasiswa tidak ada kesempatan mengikuti remedial UAS.
5      Nilai quiz untuk perbaikan nilai UAS

Penilaian :
Bobot Penilaian terdiri dari :
Tugas individu        5%                1x tugas
Tugas Kelompok   55%              14x tugas
UTS                       20%              1x pengumpulan tugas
UAS                       20%              1x pengumpulan tugas
Nilai akhir               100%

Kriteria penilaian :

Nilai
Range
A
> 80
B+
75 – 79
B
70 – 74
C+
65 – 69
C
60 – 64
D
< 60



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
STUDIO PERANCANGAN LANSKAP 2


Kode Mata Kuliah       : ALA6423
Jumlah sks                  : 4 SKS
Sifat                             : Wajib
Semester                    : 6
Tim Dosen                  : Irawan Setyabudi, ST.,MT dan Judha Widhita, SP.
                                     

Deskripsi mata kuliah           :
Mata kuliah yang melatih mahasiswa sebagai calon arsitek lanskap profesional dengan pengerjaan proyek berskala lingkungan dengan tahapan dan produk yang komprehensif. Sebagai muara mata kuliah lain di bidang desain, mahasiswa harus memahami tahapan desain yang umum digunakan mulai dari inventarisasi, programming, konsep, pradesain, pengembangan desain hingga hasil desain akhir; serta detail-detail teknis bangunan. Produk yang dihasilkan adalah gambar kerja, gambar display, maket, poster, animasi dan RAB yang representatif untuk penyampaian ide kepada klien jasa arsitektur lanskap.

Kompetensi dan Indikator Capaian Pembelajaran :
1.    Mahasiswa memahami mata kuliah studio perancangan arsitektur lanskap 2
2.    Mampu memahami teori ringkas azas-azas perancangan arsitektur dan mampu menuangkan ide dalam bentuk gambar sketsa
3.    Mampu mendata unsur-unsur pada tapak, mengenali potensi dan kendala saat memilih tapak, dan ketrampilan membuat laporan awal desain
4.    Mampu menentukan analisis kebutuhan, aktivitas dan fungsi, serta mampu membuat laporan tentang analisis dan sintesis tapak
5.    Mampu membuat sintesis berupa konsep desain, selain itu mahasiswa diharuskan membuat laporan landasan program, perencanaan, perancangan Arsitektur Lanskap
6.    Mampu menjelaskan gambar perencanaan dan menjelaskan tugas yang berupa laporan bangkitan gagasan kreatif beserta konsep-konsepnya
7.    Mahasiswa mampu mengembangkan desainnya hingga ke detail-detail dan tetap melanjutkan tugas
8.    Mampu menyusun Rencana Anggaran Biaya, membuat maket dan membuat laporan Modul 5
9.    Bagaimana agar menjadi seorang arsitek lanskap profesional
10.  Memahami kerangka acuan kerja, proses desain dan mengkomunikasikan hasil kerja
11.  Memahami bagaimana menggali ide sederhana sampai kompleks
12.  Memahami bagaimana menghargai waktu kerja
13.  Memahami menyeluruh tentang taman berskala lingkungan
14.  Terampil dalam kompetensi di bidang planning dan designing
Bahan Bacaan
1.    Harris dan Dines. Time Saver Standar for Landscape Architecture
2.    Ernest Neufert. Data Arsitek Jilid I dan II
3.    Francis DK. Ching. Arsitektur, Bentuk dan Susunannya
4.    Rustam Hakim. Komponen Perancangan Arsitektur Lanskap : Prinsip-Unsur dan Aplikasi Desain

Capaian Pembelajaran, Materi, Metode Pembelajaran dan Evaluasi

MINGGU KE
KEMAMPUAN AKHIR
 YANG DIHARAPKAN
BAHAN KAJIAN
BENTUK
PEMBELA
JARAN
PENGALAMAN BELAJAR MAHASISWA
Tatap muka (menit)
Praktikum (menit)
Latihan (menit)
1
Mahasiswa memahami mata kuliah studio perancangan arsitektur lanskap 2
Pengantar umum

Ceramah dan survey lokasi



a.     Penjelasan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) berupa materi yang akan disampaikan selama 16 minggu perkuliahan
b.    Pengenalan mata kuliah Studio Perancangan Lanskap 2
c.     Penjelasan Proyek Studio dan KAK
d.    Penjelasan laporan Modul 1 yang berisi : studi hasil karya taman sejenis berjumlah 1 buah yang mencantumkan biografi arsitek, deskripsi bangunan, konsep, foto, 3D, organisasi ruang, struktur dan teknologi.
55
165
a.    Mahasiswa membentuk tim kerja
b.   Mahasiswa menyusun rencana dan waktu kerja (time schedule & progress report)
c.    Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 1 : laporan studi preseden
(2)   Survey lokasi taman sejenis dan rencana lokasi
2
Mampu memahami teori ringkas azas-azas perancangan arsitektur dan mampu menuangkan ide dalam bentuk gambar sketsa
Pengetahuan Azas-azas dalam Perancangan Arsitektur Lanskap
Ceramah dan latihan

a.     Teori ringkas Azas Perancangan Arsitektur Lanskap berupa tahapan rancangan, proses perancangan, prinsip desain, unsur desain, metode desain
b.    Penjelasan pengambilan uraian isu untuk gagasan awal desain
c.     Penjelasan tentang taman bertematik
55
165
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Pengumpulan Modul 1 : laporan studi preseden
(2)   Survey lokasi taman sejenis dan rencana lokasi
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
3
Mampu mendata unsur-unsur pada tapak, mengenali potensi dan kendala saat memilih tapak, dan ketrampilan membuat laporan awal desain
Inventarisasi tapak
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.   Pendataan unsur-unsur tapak berdasarkan survey lokasi
b.   Pengenalan potensi dan kendala tapak baik di dalam maupun di luar lokasi tapak
c.   Pemanfaatan potensi dan kendala tapak
d.   Penjelasan laporan Modul 2 yang berisi : nama proyek, pemilik proyek, latar belakang, permasalahan umum, tujuan, batasan, ruang lingkup, masukan, analisis kondisi tapak, data kondisi lingkungan tapak, tipologi bangunan sekitar, data peraturan setempat, kebutuhan besaran ruang, aspek calon pengguna, hasil yang diharapkan dari desain.
55
165
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 2 : laporan Kerangka Acuan Kerja
(2)   Gambar : Inventarisasi pada siteplan lokasi survey
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
4-5
Mampu menentukan analisis kebutuhan, aktivitas dan fungsi, serta mampu membuat laporan tentang analisis dan sintesis tapak
Programming
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.     Penentuan analisis kebutuhan, analisis aktivitas dan analisis fungsi (aktivitas kegiatan berdasarkan kelompok pengguna)
b.    Penjelasan analisis tapak dalam lokasi (fisik natural berupa tanah, hidrologi, klimatologi, topografi, tata hijau, sensori, potensial, visual), analisis luar tapak (sosial, budaya, ekonomi, lingkungan), tinjauan masterplan (zona, orientasi bangunan, fungsi bangunan, sistem sirkulasi, sistem utilitas)
55
165
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 2 : laporan Kerangka Acuan Kerja
(2)   Gambar : analisis tapak, analisis kebutuhan, analisis aktivitas dan analisis fungsi
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
6, 7, 8
Mampu membuat sintesis berupa konsep desain, selain itu mahasiswa diharuskan membuat laporan landasan program, perencanaan, perancangan Arsitektur Lanskap

Konsep Desain

Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.     Penjelasan tentang sintesis berupa konsep desain setelah analisis. Konsep berupa skematik (lingkungan, zoning, kebutuhan ruang, kebutuhan aktivitas, spasial, sirkulasi, tata hijau, utilitas), konsep pembiayaan dan pemeliharaan, sketsa konsep
b.    Penjelasan tentang laporan Modul 3 yang berisi : Laporan pendahuluan, perancangan taman ditinjau peraturan bangunan kota (pranata pembangunan, peraturan pembangunan), aspek keterkaitan lingkungan (urban planning, urban design, neighborhood), aspek perencanaan (analisis pelaku, analisis fungsi, aktivitas kebutuhan ruang, sintesis kebutuhan ruang, kuantitatif ruang, alur aktivitas, hubungan ruang), aspek perancangan bangunan taman (kontekstual perancangan tapak, tipologi, sistem struktur, sistem konstruksi bangunan, sistem selubung bangunan, bahan bangunan, utilitas, sistem keselamatan, standar teknis, aksesbilitas penyandang cacat
55
165
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 3 : Laporan Landasan Program, Perencanaan dan Perancangan Arsitektur Lanskap (LP3AL)
(2)   Gambar : Konsep dan gagasan awal
(3)   Studi pragmatis Maket studi
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
9, 10, 11

Mampu menjelaskan gambar perencanaan dan menjelaskan Modul 4 yang berupa laporan bangkitan gagasan kreatif beserta konsep-konsepnya

Pradesain

 

Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.     Penjelasan tentang gambar perencanaan :  site plan dan layout plan berdasarkan konsep, planting plan, elevation plan, section plan, lighting plan, topography plan, drainage plan, utility plan, maintenance plan, gambar perspektif kasar
b.    Penjelasan tentang laporan Modul 4 yang berisi : laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan utilitas
55
110
a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 4 : Laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan utilitas
(2)   Gambar perencanaan
b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
11, 12, 13
Mahasiswa mampu mengembangkan desainnya hingga ke detail-detail dan tetap melanjutkan modul 4

Pengembangan Desain

Ceramah
Eksplorasi
Presentasi

a.   Penjelasan tentang gambar perancangan : Details design, landscape design development, planting design, section, elevation, landscape furnitures details, hard material details, soft material details, construction details, perspective (sketsa atau 3D sketchup/realtime)
b.  Melanjutkan laporan modul 4.

55

165

a.   Tugas Praktikum berupa :
(1)   Modul 4 : Laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan utilitas
(2)   Gambar Perancangan

b.    Media pembelajaran : papan tulis dan LCD

13, 14, 15
Mampu menyusun Rencana Anggaran Biaya, membuat maket dan membuat laporan Modul 5
Pengembangan Akhir dan Kelengkapan tugas
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
a.   Penyusunan Rencana Anggaran Biaya
b.  Penjelasan tentang Maket Presentasi
c.   Penjelasan Modul 5 yang berisi : produk display/poster tentang data dan gagasan desain, analisis desain, display gambar kerja, display gambar perspektif, display utilitas
55
165
a.   Checkpoint mahasiswa tentang kelengkapan tugas sebelumnya
b.   Tugas Praktikum berupa :
(1)  Pengerjaan Maket presentasi (kelompok)
(2)  Latihan membuat jurnal tentang desain individu
16

Mampu menjelaskan secara verbal hasil desain taman

UAS

Praktikum

Presentasi terbuka dan pameran
-
220

Keluaran: laporan desain, jurnal individu, gambar kerja, presentasi dan maket presentasi






Ketentuan Umum :
1      Mahasiswa diharuskan menghadiri 80 persen perkuliahan
2      Mahasiswa diharuskan mengumpulkan tugas tepat waktu, keterlambatan mengumpulkan tugas dianggap tidak mengumpulkan dengan nilai 50.
3      Mahasiswa dapat memperbaiki nilai UTS hingga mencapai standar nilai minimum 70.
4      Mahasiswa tidak ada kesempatan mengikuti remedial UAS.
5      Nilai quiz untuk perbaikan nilai UAS

Penilaian :
Bobot Penilaian terdiri dari :
Tugas individu        5%                1x tugas
Tugas Kelompok   55%              14x tugas
UTS                       20%              1x pengumpulan tugas
UAS                       20%              1x pengumpulan tugas
Nilai akhir               100%

Kriteria penilaian :

Nilai
Range
A
> 80
B+
75 – 79
B
70 – 74
C+
65 – 69
C
60 – 64
D
< 60



Comments

Popular posts from this blog

Tips Agar Mendapatkan Hasil Render Terbaik

Tulisan ini sebenarnya hasil share dari komunitas>>>sketchunesia di FB yang saya pikir cukup bermanfaat dan ditulis asli oleh Bapak Sadyo Adhi namun dengan gubahan dan tambahan dari saya sendiri. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu rendering merupakan suatu proses yang menjadikan gambar 3d agar tampak menjadi lebih nyata dengan olahan cahaya, warna, dan tekstur. Salah satu cara adalah menggunakan software vray yang akhir-akhir ini booming bagi kalangan arsitek sebagai media komunikasi ke klien.

Berikut prinsip-prinsip render arsitektur : 
1. Ketika memutuskan software sketchup dan vray sebagai alat render kalian, maka perhatikan cahaya. Karena prinsip kerja vray adalah pantulan cahaya (Pantulan primer dan sekunder). Dengan pantulan cahaya yang baik akan memberikan suasana yang baik pula atau real. Misal dengan posisi cahaya yang pagi siang dan seterusnya akan memberikan kesan berbeda.

2. Tekstur yang digunakan, seharusnya dari foto atau dengan gambar kualitas tinggi, seh…

MEMAKNAI KEMBALI KEARIFAN LOKAL DALAM ARSITEKTUR

1. Tentang Definisi Kearifan Lokal Sebelumnya    Pada umumnya, pengertian kearifan lokal telah banyak ditulis dan dikembangkan oleh berbagai ahli dengan jurnal-jurnal ilmiahnya, maupun orang awam yang sadar dan tertarik tentang potensi yang tertimbun di daerahnya. Pengertian ini diperoleh selain diperoleh dari sudut antropologis, kesejarahan maupun khususnya dalam bidang arsitektur (lingkungan binaan). Kebanyakan pengertian tersebut menjadi sebuah ‘definisi’ yang mengalami degenerasi atau penyempitan makna, karena tidak satu-dua yang langsung mencontek referensinya tanpa ada contoh dari image realita kehidupan.       Pada definisi sebelumnya, dalam kamus bahasa Inggris-Indonesia John M Echols dan Hassan Shadily, kearifan lokal diderivasi dari dua kata yaitu kearifan (wisdom) atau kebijaksanaan; dan lokal (local) atau setempat. Jadi menurut beliau, gagasan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatn…

Papan Panel Pameran

Papan panel, dalam suatu pameran diperlukan untuk memasang hasil karya dwimatra baik poster, lukisan, konsep, ataupun fotografi. Macamnya ada banyak dan tergantung dari ide. Pada kesempatan kali ini kami memunculkan papan panel dari kumpulan boks telor yang disusun secara grid dan dicat warna hitam. Tidak henti-hentinya kami ucapkan terima kasih kepada tim mahasiswa dan dosen arsitektur lanskap dalam sumbangan ide pembuatan panel ini sehingga bisa digunakan pada Pameran Hasil Karya AL tahun 2015 dan dipakai pada pameran-pameran berikutnya.